Laporan Biometrika Hutan Pemanfaatan Perangkat Lunak untuk Analisis Statistik

ACARA VI
PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK ANALISIS STATISTIK
A.    Tujuan
a.       Prinsip-prinsip dan prosedur pemanfaatan perangkat lunak (Microsoft Excel) untuk analisis statistik dapat dipahami oleh praktikan.
b.      Pemahaman praktikan tentang prinsip-prinsip dasar statistik dapat ditingkatkan.
B.     Dasar Teori
Statistika merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa bilangan-bilangan atau angka, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan atau keputusan tertentu.
Selain itu, Statistika juga merupakan cabang ilmu matematika terapan yang terdiri dari teori dan metoda mengenai bagaimana cara mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasi, menghitung, menjelaskan, mensintesis, menganalisis, dan menafsirkan data yang diperoleh secara sistematis.
Dengan demikian, didalamnya terdiri dari sekumpulan prosedur  mengenai bagaimana cara:
· Mengumpulkan data
· Meringkas data
· Mengolah data
· Menyajikan data
· Menarik kesimpulan dan interpretasi data berdasarkan kumpulan data dan hasil analisisnya
(Paslah, 2011).
Perangkat lunak pengolah angka Microsoft Excel adalah buku kerja elektronik yang terdiri dari beberapa lembar kerja yang berorientasi pada pengolah data angka dan juga mampu bekerja sebagai database (pengolah data). Manfaat Program pengolah angka Ms. Excel antara lain:
a.        melakukan perhitungan dengan rumus sederhana;
b.      melakukan perhitungan dengan rumus yang kompleks
c.       melakukan perhitungan statistika
d.      melakukan perhitungan keuangan
e.       mengolah angka menjadi grafik
f.       mengolah database
(Iksan, 2012).


                     Analisis data merupakan salah satu tahap yang sering dipandang sulit dalam penelitian. Beberapa software membantu melakukan analisis data telah banyak tersedia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perangkat lunak Microsoft Excel merupakan program yang sangat familiar bagi peneliti dan pengguna computer. Penggunaan Microsoft Excel dalam analisis statistik dapat dioptimalkan. Melakukan analisis statistik dengan menggunakan Microsoft Excel memiliki banyak kelebihan yaitu mudah dalam melakukan input dan edit data, dapat langsung melakukan koreksi jika ada perubahan input terutama jika menggunakan insert function, peneliti dapat memahami proses analisis data tidak hanya sekedar membaca output, mengurangi kemungkinan kesalahan dalam input data karena ada fasilitas validasi data dan program Microsoft Excel lebih mudah diperoleh disbanding program untuk analisis statistik lainnya (Suliyanto, 2012).

Daftar Pustaka
Iksan. 2012. Deskripsi perangkat lunak pengolah angka. http://slideshare.net. Diakses tanggal 5 Desember 2013 pukul 8.22 WIB.
Paslah, Asroni. 2011. Konsep Dasar Statistik. http://edukasi.kompasiana.com. Diakses tanggal 5 Desember 2013 pukul 7.48 WIB.
Suliyanto. 2012. Analisis Statistik: Pendekatan Praktis dengan Microsoft Excel. Yogyakarta: Penerbit Andi

0 Response to "Laporan Biometrika Hutan Pemanfaatan Perangkat Lunak untuk Analisis Statistik"

Posting Komentar