Kucing "BESAR" di Pulau Jawa

THE BIG CATS OF JAVA

Kucing sudah banyak berkeliaran di P. Jawa bahkan di sekitar rumah kalian. Tapi pernahakah kalian melihat atau tahu tentang kucing-kucing besar di P. Jawa?

1. Macan Tutul Jawa

   Macan tutul jawa (Panthera pardus melas) adalah salah satu subspesies dari macan tutul yang hanya ditemukan di hutan tropis, pegunungan dan kawasan konservasi Pulau JawaIndonesia. Macan tutul ini memiliki warna kulit terang (oranye). Macan tutul jawa adalah satwa indentitas Provinsi Jawa Barat, dan dianggap sebagai satu-satunya kucing besar yang tersiasa di P. Jawa.

2. Macan Kumbang Jawa

    Macan kumbang (Panthera pardus melas) merupakan satu spesies dari macan tutul Jawa. Bedanya, warna kulitnya hitam pekat. Macan kumbang ini juga ditemukan di daerah Jawa Barat.

3. Harimau Jawa

    Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) adalah jenis harimau yang hidup di kepulauan Jawa. Harimau ini dinyatakan punah di sekitar tahun 1980-an, akibat perburuan dan perkembangan lahan pertanian yang mengurangi habitat binatang ini secara drastis. Kemungkinan kecil binatang ini belum punah. Pada tahun 1990-an ada beberapa laporan tentang keberadaan hewan ini, walaupun hal ini tidak bisa diverfikasi. Dan pada akhir-akhir ini, ada beberapa penemuan tentang jejak harimau jawa (jejak kaki, feses) di beberapa tempat di Pulau Jawa, bahkan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Benarkah mereka punah?

0 Response to "Kucing "BESAR" di Pulau Jawa"

Posting Komentar