Asli INDONESIA : CENDRAWASIH MERAH (Prov.Papua Barat)

Cendrawasih Merah, P. Batata, Papua Barat © Tim Laman
Red Bird-of-paradise
Paradisaea rubra (Daudin, 1800)

Deskripsi
Besar (33 cm.). Burung jantan berwarna kuning dan coklat, dan berparuh kuning. Bulu-bulu hiasan berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih pada bagian sisi perutnya, bulu muka berwarna hijau zamrud gelap dan diekornya terdapat dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. Burung betina berukuran lebih kecil,  muka coklat-gelap dan dadanya kuning-krem.

Suara
Terdengar seperti berkokok “Work wok – wak wak wak …” juga “ka ka ka ka ka” dalam nada lebih tinggi.

Persebaran dan ras
Endemik atau hanya diketahui hidup di kelompok pulau Papua bagian barat, diantaranya: Waigeo, Batanta, Gemien, dan Saonek.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Menghuni hutan dan tepi dataran rendah  serta perbukitan sampai ketinggian 600 mdpl. Sering bergabung dengan kawanan Pitohui karat. Seringkali mengeluarkan kokokan sambil bersembunyi di dalam kanopi hutan.
Burung jantan mempertunjukkan ritual menarik pasangan pada musim berbiak, beberapa pejantan berkumpul dan menari bersama di lokasi tertentu yang disebut ‘lek’. Lokasi lek biasanya berada pada pohon besar dengan dahan atas berdaun sedikit. Ritual perkawinan umumnya berlangsung sore hari, melibatkan tiga fase display yang berbeda, diakhiri dengan fase kopulasi.
Jumlah telur 1-2 butir, diletakkan pada sarang yang dibangun oleh betina. Telur dierami selama 14-17 hari, dan burung muda mulai bisa meninggalkan sarang pada 15-20 hari setelah menetas.. Memakan buah (termasuk buah pohon Ara atau Beringin Ficus spp.) dan artropoda dengan cara yang mirip dengan cara makan burung pelatuk di dahan-dahan dan batang pohon.

Status
Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu
Perlindungan: PP  No. 7/1999, PP  No. 8/1999, UU No. 5/1990

source : kutilang.or.id

0 Response to "Asli INDONESIA : CENDRAWASIH MERAH (Prov.Papua Barat)"

Posting Komentar